Mengenal Fitur dan Cara Membuat Artikel Baru di WordPress

Bagi kamu yang sudah mempunyai website dengan menggunakan platform WordPress, tentunya kamu harus membuat tulisan untuk website yang dikelola. Bagi para blogger yang sudah berpengalaman tentunya hal ini merupakan tugas biasa. Tapi berbeda halnya jika kamu baru mengenal CMS ini, kamu tentu cukup asing dan kesulitan dengan interface dan berbagai tombol di fitur Post di WordPress.

Membuat konten penulisan di WordPress terbagi menjadi 2 jenis, yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur Posts dan yang kedua menggunakan fitur Pages. Tentunya 2 pilihan ini mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk lebih detailnya, yuk simak cara-caranya beserta penjelasannya di bawah ini.

Membuat Penulisan Dengan Fitur Posts

Untuk memulai membuat postingan dengan fitru posts, pastikan kamu masuk ke menu Posts yang tertera di dashboard WordPress kamu, kemudian pilih Add New. Setelah itu akan muncul content editor, di bagian inilah kamu akan menulis konten website kamu. Ada banyak fitur yang terdapat di menu Posts, untuk memahaminya akan dijelaskan masing-masing fungsi dari fitur-fitur tersebut.

  • Post Title. Fitur ini adalah tempat untuk menulis judul konten yang akan kamu tulis. Usahakan tidak membuat judul konten yang panjang ya. Harus singkat, padat dan jelas.
  • Permalink, fitur ini akan mengubah tulisan konten yang kamu buat dengan bentuk URL. Kamu bisa mengubah permalink sesuai dengan keinginan kamu.
  • Add Media, fitur ini berfungsi untuk menambah media seperti gambar dan video yang akan kamu tambahkan dalam konten kamu.

  • Toolbar Editor, fitur toggle bar yang menampilkan formatting pada tulisan yang akan kamu buat. Layaknya pada Ms. Word, kamu bisa menentukan jenis tulisan, paragraph, ukuran tulisan, tebal tulisan dan masih banyak lainnya.
  • Visual, fitur yang terletak di sebelah kanan ini berfungsi untuk merubah tampilan penulisan kamu dalam bentuk visual. Jika kamu sedang menulis artikel, disarankan menggunakan fitur visual saja.
  • Text, fitur ini merubah tampilan penulisan kamu dalam format source code atau html.
  • Editor Content, di sini adalah tempat kamu untuk menulis postingan yang akan kamu buat.
  • Save Draft, untuk menyimpan hasil penulisan kamu (belum dipublish)
  • Preview, untuk melihat pratinjau hasil penulisanmu saat dipublish nanti.
  • Category, untuk mengelompokkan postingan tulisan yang akan kamu buat.
  • Word Count, informasi yang menunjukkan jumlah kata dari postingan yang kamu buat.

Itulah beberapa fitur yang kamu harus tau kegunaannya sebelum memposting tulisan di WordPress dengan menggunakan fitur Posts. Dengan menggunakan fitur Posts, kamu bisa mengorganisir postingan yang kamu buat dengan menggunakan fitur Category yang akan dijelaskan di sub judul Cara Mengelola dan Mempublish Postingan WordPress di bawah nanti.

Membuat Penulisan Dengan Fitur Pages

Jika di atas sudah dijelaskan bagaimana cara membuat penulisan dengan fitur Posts, maka di bagian ini akan menjelaskan cara-cara menulis dan penjelasan singkat mengenai fitur Pages. Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa membuat postingan dengan menggunakan fitur Pages ini digunakan untuk postingan yang memuat informasi tetap dan valid untuk jangka waktu lama. Contohnya untuk menulis contact, visi, misi, disclaimer dan sejenisnya kamu bisa menggunakan fitur ini.

  • Untuk memulai penulisan dengan fitur paes, kamu tinggal memilih menu Pages yang ada di dashboard WordPress kamu. Kemudian pilih Add New.

  • Setelah itu, akan muncul content editor yang memiliki fitur-fitur yang sama persis dengan fitur Posts.
  • Namun pada fitur Pages tidak memiliki fitur Category karena informasi yang ditulis dengan fitur pages bersifat abadi seperti yang telah dijelaskan di atas.

Biasanya penulisan dengan fitur pages yang akan digunakan sebagai tampilan depan atau front page dari website yang kamu buat.

Cara Mengelola dan Mempublish Postingan WordPress

Setelah selesai membuat postingan tulisan konten, kamu bisa mengecek postingan tersebut baik yang sudah diposting maupun dalam format draft untuk di edit.

Dengan mengklik menu Posts, kemudian pilih all posts untuk menampilkan postingan yang kamu tulis dengan menggunakan fitur Posts.

Atau klik menu pages, kemudian pilih all pages untuk menampilkan postingan yang kamu tulis dengan fitur pages. Kemudian kamu tinggal memilih menu Edit yang muncul dari list postingan yang akan kamu edit dan akan muncul beberapa fitur yang akan di jelaskan di bawah ini.

  • Edit, untuk mengedit postingan tulisanmu.
  • Quick Edit, untuk mengedit kategori, tag, judul dan lainnya (jika menggunakan fitur Posts)
  • Trash, untuk menghapus postingan tulisan kamu.
  • Preview, untuk meninjau hasil postingan kamu.

Jika kamu sudah selesai mengedit, hal selanjutnya yaitu mempublish postingan tulisan kamu. Untuk mempublishnya, kamu tinggal memilih menu publish atau update (setelah selesai pengeditan, tombol publish akan berubah menjadi update).

Di menu publish, kamu bisa mengatur status postinganmu selama di publish, mulai dari tanggal posting, visibilitas, dan SEO yang akan kamu gunakan. Untuk penulisan dengan fitur Posts, kamu bisa menggunakan kategori dan tag yang akan membantu konfigurasi penulisanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *