Cara Menambahkan Gambar di Artikel WordPress

No comment 16 views

Hayo, sudah sampai mana nih belajar ngeblog di WordPress? Terus, sudah berapa artikel yang kamu terbitkan di blog? Kalau masih sedikit, tak perlu berkecil hati dan kalau sudah mulai rutin menulis, artinya kamu sudah dapat momentum untuk terus bertumbuh.

Buat kamu yang masih terus mencoba mengenali seluk-beluk WordPress, kali ini saya akan memberikan materi tutorial menambahkakan gambar atau foto ke artikel. Sekilas mudah, ya memang mudah tapi masih banyak blogger pemula di luar sana yang kebingungan dengan tugas seperti ini.

Maka dari itu, saya akan coba jabarkan secara lengkap prosesnya termasuk beberapa opsi dan juga pengaturan di dalam menambahkan foto.

Gambar dapat ditambahkan ke dua panel, yaitu post dan page atau pos dan halaman. Gambar di pos artinya dipergunakan untuk artikel, sedangkan gambar di halaman dipergunakan sebagai material halaman, bisa berupa gambar kantor, kegiatan dan lain sebagainya.

Menambahkan Gambar

Untuk menambahkan gambar, kamu punya dua pilihan. Pilihan pertama adalah yang akan kita bahas ini, di mana kamu harus mengunggah gambar dari komputer ke server.

  • Buat postingan atau halaman baru seperti biasa.
  • Perhatikan urutan nomornya ya. Nomor satu sudah dilakukan di awal, lanjut ke nomor dua, yaitu meletakkan kursor untuk menentukan posisi gambar setelah diunggah nanti. Bebas mau di mana aja.
  • Klik tombol Tambahkan Media.

  • Ketika muncul jendela popup baru, kamu sudah otomatis berada di panel tambahkan media (1).
  • Berikutnya klik Unggah berkas dan klik tombol Pilih berkas, kemudian akan muncul jendela baru lagi di mana kamu diminta memilih gambar yang ada di komputer kamu.

  • Ketika gambar berhasil diunggah, kamu akan punya opsi untuk melakukan langkah lanjutan.
  • Perhatikan gambar di bawah ini. Yang saya bulatin adalah gambar yang sudah berhasil diunggah, yang saya tandai dengan kontak merah adalah opsi-opsi lanjutan untuk membuat informasi gambar menjadi lebih lengkap. Misalnya, kamu bisa mengubah nama gambar, menambahkan caption dan keterangan, menentukan orientasi dan juga ukuran.

  • Sampai langkah di atas, kamu sudah berhasil mengunggah gambar baru. Nantinya, ada situasi di mana kamu tidak harus mengunggah gambar baru tetapi cukup menggunakan gambar yang sudah ada. Jika demikian, kamu cukup mengklik Pustaka Media kemudian mencari gambar yang sudah pernah kamu unggah sebelumnya. Terakhir, cukup mengklik tombol Sisipkan ke dalam pos.

Menambahkan Gambar Tanpa Upload

Metode kedua untuk menambahkan gambar, kamu bisa melakukannya tanpa mengunggah ke server. Metode ini cukup sering dipakai, terutama apabila gambar yang ingin diupload berukuran besar. Kamu bisa menghemat banyak ruang sever.

  • Pertama-tama, cari gambar yang ingin dipasang di postingan, kemudian salin lokasi gambar. Jika kamu memakai Firefox, kurang lebih akan seperti ini.

  • Selanjutnya ulangi langkah di atas sekali lagi, buat postingan atau halaman baru kemudian klik tambahkan media.
  • Ketika muncul jendela popup, klik Sisipkan dari URL.
  • Paste-kan alamat gambar yang tadi kamu salin ke dalam formulir seperti yang ditunjukkan oleh jarum nomor 2 di screenshot di bawah ini.
  • Isi kolom keterangan jika dirasa perlu, kemudian perataannya dan terakhir klik Sisipkan ke dalam pos.

  • Hasilnya nanti akan sama persis dengan cara pertama.
  • Dan ketika gambar sudah berhasil ditambahkan, kamu bisa melakukan langkah lanjutan langsung di jendela editor. Caranya, klik gambar maka nanti akan muncul tombol melayang seperti screenshot di bawah ini. Di panel melayang tersebut, kamu bisa mengubah perataan, mengedit caption dan menghapus gambar jika dirasa perlu. Sedangkan untuk mengubah ukuran gambar di dalam postingan, kamu cukup menarik dari delapan titik berbeda di sisi gambar dengan lebar atau panjang yang kamu inginkan.

Tidak Hanya Gambar

Yap benar sekali. Di panel ini, kamu tidak hanya bisa menambahkan berkas berupa gambar atau foto. Kamu juga bisa menambahkan media jenis lain, misalnya video dan juga suara.

  • Caranya tidak jauh berbeda, hanya di saat jendela unggahan ini muncul, opsi yang kamu pilih haruslah daftar putar audio atau daftar putar video. Langkah selanjutnya sama persis dengan cara yang sudah kita bahas di atas.

Tetapi jika kamu berencana untuk menambahkan video ke dalam postingan, sebaiknya jangan langsung mengunggah berkas video ke server blog. Mengapa? Karena itu akan membuat server terbebani. Kamu tentu paham bahwa berkas berjenis video memiliki ukuran file yang besar, sehingga akan membuat kapasitas disk di server kamu terpangkas secara signifikan.

Lalu solusinya bagaimana mas? Kamu bisa mengunggah video yang ingin dipakai ke layanan YouTube, kemudian dari sana kamu bisa menyisipkan tautan ke dalam blog dengan player dan frame yang menurut saya justru lebih menarik.

Upload Gambar Alternatif

Tadi itu adalah cara menambahkan gambar ke dalam tulisan blog WordPress. Bagaimana jika kasusnya, kamu ingin mengunggah gambar tapi bukan untuk postingan, misalnya sebatas untuk logo atau untuk keperluan lainnya? Sangat bisa.

Jadi, semua gambar atau berkas yang diunggah baik ke postingan atau halaman dikumpulkan menjadi satu ke dalam daftar pustaka atau library. Untuk mengaksesnya, kamu klik menu Media – Pustaka.

Di panel pustaka, kamu akan menemukan kumpulan gambar dan berkas yang sudah pernah diunggah sebelumnya. Selanjutnya, kamu bisa mengunduh, mengatur ulang caption, atau bahkan menghapus media jika tidak dipakai lagi. Dan tentu saja kamu juga bisa menunggah media baru, baik foto, audio maupun video.

  • Untuk menambahkan gambar misalnya, tinggal klik menu Tambahkan Baru – Pilih Berkas.

  • Kemudian untuk setiap berkas yang diunggah dapat ditemukan rinciannya seperti ini, semua informasi ini bisa diedit jika dirasa perlu.

Selesai ya, sampai di sini kamu harusnya sudah mulai paham bagaimana proses menambahkan gambar ke artikel blog WordPress dan juga cara mengelola berkas yang diunggah ke blog. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.

author
Author: 

    Leave a reply "Cara Menambahkan Gambar di Artikel WordPress"