Cara Setting Blog WordPress Pertama Kali

Halo, terima kasih kembali berkunjung ke Exbloger, situs tutorial WordPress terlengkap dan terup-to-date. Di panduan lalu, kamu sudah mempelajari beberapa hal dasar seperti apa itu hosting, cara memilih dan juga beberapa cara menginstall WordPress dari online hingga offline. Saya asumsikan, pengetahuan kamu soal WordPress semakin baik dan siap untuk memasuki tahapan selanjutnya.

Ketika WordPress sudah terpasang di blog atau website, kamu perlu melakukan beberapa penyesuaian. Salah satunya tentu memasang plugin. Kemudian kamu juga wajib merapikan menu pengaaturan agar semua fungsi di dalamnya bekerja sesuai desain.

Di WordPress yang baru terinstal, kamu hanya akan menemukan beberapa menu bawaan, antara lain:

  1. Umum
  2. Menulis
  3. Membaca
  4. Diskusi
  5. Media
  6. Permalinks

Umum

Di pengaturan Umum, ada beberapa hal dasar yang perlu disesuaikan. Tapi sebelu itu, terlebih dahulu kamu harus mengenali apa fungsinya satu per satu. Tetapi saya hanya akan jelaskan garis besarnya saja, karena semuanya terletak di satu laman jadi kurang efektif jika saya buatkan tutorial cara mengisinya.

Judul situs

Judul situs ini sebenarnya dapat ditampilkan di beberapa tempat, termasuk bilah judul browser web, dan header seandainya tema yang kamu pilih memiliki opsi ini. Beberapa tema memiliki opsi untuk memasukkan Judul Situs sebagai bagian dari tag judul pada setiap halaman, sebagian lainnya tidak.

Slogan

Kolom ini disiapkan sebagai tempat untuk memasukkan deskripsi atau frasa pendek dan mudah diingat yang menjelaskan lebih lanjut tentang situs kamu. Beberapa tema juga menampilkan tagline di lokasi seperti header atau sidebar. Yang menarik, kolom tidak harus diisi dan bisa saja dibiarkan kosong.

Alamat WordPress (URL)

Ini adalah lokasi instalasi WordPress dan file inti yang sebenarnya. Di banyak situs, itu akan sama dengan URL yang dimasukkan pengunjung situs untuk melihat situs kamu.

Alamat Situs (URL)

Ini adalah alamat yang akan diketikkan oleh pengunjung di browser mereka untuk melihat situs kamu. Artinya, ia tidak harus sama dengan kolom di atas.

Alamat email

Alamat ini akan dipergunakan oleh WordPress untuk banyak hal, beberapa di antaranya adalah untuk mengirimkan pesan adanya update terbaru, adanya komentar, masukan, atau laporan lain terkait administrasi. Atau jika kamu mengizinkan pengguna untuk mendaftar keanggotaan di situsmu, pemberitahuan anggota baru akan masuk ke alamat ini.

Keanggotaan

Jika kamu memperbolehkan pengunjung mendaftarkan diri menjadi pembaca atau membuat akun di situs kamu, centang opsi ini. Secara default, opsi ini tidak diaktifkan.

Dan lain-lain

Sebagaimana terlihat di dalam screenshot, di menu Pengaaturan – Umum, kamu juga bisa mengubah bahasa blog, zona waktu, format tanggal, format waktu dan hari apa pekanmu dimulai.

Menulis

Pengaturan ini berfungsi untuk mengontrol pengalaman menulis dan menyediakan opsi untuk menyesuaikan situs WordPress. Dalam artian, beberapa fitur di penambahan artikel baru diatur di sini, seperti kategori post standar, format bawaan, penerbitan via email, kategori surat standar dan pinger.

Membaca

Pengaturan membaca ditujukan secara khusus untuk pengunjung, di mana kamu sebagai pemilik blog mengatur bagaimana konten blog tampil dan dibaca oleh publik.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di panel ini, antara lain:

Tampilan beranda Anda, menu yang mengatur konten apa yang ditampilkan di halaman depan dalam salah satu format berikut:

  • Posting terbaru: Opsi ini untuk menampilkan tulisan terbaru di halaman depan.
  • Halaman statis: Ini untuk menampilkan halaman statis di halaman depan.

Selanjutnya, menentukan jumlah halaman blog yang akan ditampilkan. Defaultnya 10. Artinya ada 10 artikel yang ditampilkan di halaman depan. Kamu bisa mengubahnya sesuai kemauan.

Di baris terakhir ada menu Penampakan Mesin Pencari yang berguna untuk mencegah mesin pencari mengindeks situs ini. Yang artinya, mesin pencari tidak akan membaca dan mengindeks blog kamu.

Diskusi

Sesuai namanya, pengaturan Diskusi mengatur bagaimana interaksi antara kamu dan pengunjung. Di sinilah kamu mengatur apakah kolom komentar akan diaktifkan atau tidak. Kamu juga bisa mengatur bagaimana komentar ditampilkan, sistem moderasi, kapan kolom komentar ditutup, bagaimana komentar ditampilkan, dan lain sebagainya.

Media

Menu ini menjadi tempat kamu untuk mengatur bagaimana gambar ditampilkan dan diunggah. Kamu dapat mengatur ukuran gambar dalam berbagai orientasi, termasuk mengatur bagaimana berkas yang diunggah akan diurutkan.

Permalinks

Pengaturan ini sangat sederhana tetapi sering dianggap paling penting oleh pelaku SEO. Permalink merupakan format tautan atau URL yang digunakan sebagai alamat post, halaman atau kategori. Ada beberapa pilihan format permalink yang tersedia, antara lain:

  • Default: Ini menetapkan struktur URL bawaan WordPress.
  • Hari dan nama: Opsi ini dipilih jika kamu memilih menggunakan struktur URL sesuai dengan tanggal dan nama dalam postingan.
  • Bulan dan nama: Jelas banget, ini sesuai dengan bulan dan nama dalam posting kamu.
  • Numerik: Opsi ini untuk menetapkan angka dalam struktur URL dalam postingan.
  • Nama posting: Pilih opsi ini jika kamu ingin menetapkan nama posting dalam struktur URL.
  • Struktur Kustom: Ini mengatur struktur URL pilihan Anda dengan menulis nama yang diinginkan di kotak teks yang diberikan.

Untuk sementara pengaturan ini dulu yang kita bahas. Next, kita akan gantian membahas pengaturan sisanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *