Membuat Dan Mengelola Kategori di WordPress

No comment 21 views

Jika kamu membuat sebuah postingan penulisan artikel di WordPress, kamu membutuhkan yang namanya kategori pada postingan yang kamu buat. Dengan membuat kategori setiap postingan, pengelompokkan artikel yang kamu buat akan semakin rapi dan fleksibel.

Selain itu, tentunya tampilan WordPress kamu juga akan semakin enak dipandang dan dibaca. Untuk lebih jelas tentang kategori, langsung saja cek ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat dan Mengatur Kategori di WordPress

Sesuai dengan penjelasan di atas, jika kamu ingin membuat kategori di WordPress, kamu bisa langsung masuk ke dashboard WordPress kamu dan memilih menu Posts. Selanjutnya pilih Categories. Biasanya WordPress akan secara otomatis menamai kategori yang kosong (belum dinamai) dengan label uncategorized yang tidak bisa dihapus. Jadi, jika kamu menulis sebuah artikel tanpa menyertakan kategori, maka secara otomatis artikel tersebut masuk ke dalam label uncategorized.

Pada menu Categories yang sudah dipilih, akan muncul halaman add new categorize. Ada 4 kolom tersedia yang perlu kamu isi sesuai dengan keinginan kamu.

  • Name, pada kolom ini kamu bisa mengisi nama kategori yang akan kamu buat.
  • Slug, kolom ini diisi dengan url kategori sesuai dengan nama kategori yang kamu buat, atau bisa dikosongkan saja.

  • Parent, merupakan turunan dari kategori yang kamu sudah buat atau bisa disebut dengan sub kategori. Jadi, jika kamu membuat kategori utama yang tidak ada turunannya, kamu bisa kosongkan bagian ini atau kamu ingin membuat sub kategori, maka kamu bisa memilih parentnya masuk kategori apa.
  • Description, berisi penjelasan kategori yang sudah kamu buat itu tentang apa saja.

Menggunakan Kategori Yang Sudah Dibuat

Setelah kamu selesai membuat dan mengatur kategori sesuai dengan keinginan kamu, maka langkah selanjutnya yaitu kamu bisa menambahkan postingan ke dalam label kategori yang sudah kamu buat. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan untuk melabelkan kategori pada postingan yang sudah kamu buat.

Cara pertama yaitu dengan mengedit postingan yang sudah kamu buat dengan fitur Posts. Kemudian pada fitur Categories, kamu tinggal memilih label kategori yang sudah kamu buat tadi dan sesuaikan dengan isi konten dari artikel yang kamu sudah tulis. Kamu juga bisa menggunakan kategori ketika membuat konten penulisan baru, di kolom bagian kanan tinggal memilih label kategori apa yang akan kamu pilih untuk artikel baru tersebut.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan menu Bulk Actions. Untuk masuk ke dalam menu Bulk Actions, kamu bisa memilih menu Posts pada dashboard WordPress kamu. Kemudian pilih menu All Post. Setelah itu akan muncul halaman post dan pilih artikel yang akan kamu tambahkan label kategorinya. Pada tab Bulk Actions, pilih Edit dan tekan tombol Apply.

Setelah melakukan kedua cara di atas, maka secara otomatis artikel yang kamu pilih sudah masuk ke dalam label kategori yang sesuai. Dengan begitu tampilan artikel kamu akan tersusun dengan rapi, sehingga para visitor tidak merasa bingung dengan pembagian kategori artikel. Pastikan agar kategori artikel sesuai dengan isi konten ya, sehingga penyampaian konten dapat tersampaikan dengan baik.

Sampai di sini kamu sudah bisa membuat kategori dan melabelkan kategori tersebut pada postingan artikel kamu. Kamu juga bisa mengedit dan menghapus atau mengganti kategori dengan yang berbeda. Oh iya, untuk setiap artikel dapat memiliki lebih dari 1 label kategori ya.

author
Author: 

    Leave a reply "Membuat Dan Mengelola Kategori di WordPress"