Panduan Mengelola Theme dan Membuat Menu di WordPress

Di panduan terbaru ini, kita akan belajar bagaimana cara mengelola thema di WordPress versi sekarang, dan juga bagaimana cara membuat menu. Kamu yang sudah pernah belajar WordPress mungkin dua atau tiga tahun lalu, jangan lekas besar kepala akan memahami topik ini. Karena WordPress terus berubah dan berbenah, di versi terbaru menu tidak lagi seperti dulu.

Sekarang, menu harus diatur secara teratur dan rapi, meskipun menurut saya cara kerjanya sedikit lebih rumit ketimbang versi lawas WordPress. Apapun itu, kita sebagai pengguna sudah sepatutnya beradaptasi.

Langsung saja, kita bahas tutorial yang pertama.

Mengelola Theme WordPress

Mengelola theme artinya kita mengelola seperti apa desain web secara keseluruhan. Jadi, dibutuhkan keseriusan, ketelitian dan juga konsentrasi tingkat tinggi untuk mendapatkan rancangan sesuai harapan. Untuk mengatur tampilan, WordPress menyediakan tool bernama Customize atau Sesuaikan dalam bahasa Indonesia. Fitur ini terletak di bawah menu Tampilan dan bekerja dengan cara yang modern. Langsung saja kita coba untuk mengelola theme. Oya, kalau kamu baru berkunjung dan belum tahu cara install theme, baca dulu artikel yang ini.

  • Klik menu Tampilan – Sesuaikan.

  • Di panel Sesuaikan atau Customize, Anda seakan berada dalam kanvas desain yang berbeda dari dashboard. Di sini, menu-menu yang tampil di sebelah kiri (kotak merah) akan tergantung pada tema. Beda tema maka akan berbeda menu-menunya.
  • Di panel ini pula kamu bisa mengatur hampir semua panel yang tampil di halaman depan, mulai dari judul, deskripsi, header, logo, widget, menu hingga footer. Khusus untuk widget dan menu, kamu cuma bisa mengatur posisi, tidak membuat menu baru. Makanya cara pembuatan menu akan kita bahas terpisah.

  • Saya contohkan, untuk mengedit judul dan deskripsi, kamu bisa mengklik Identitas Situs kemudian nanti akan terbuka laman baru seperti screenshot di bawah ini.

  • Kemudian mengubah warna, juga dengan cara yang sama. Enaknya fitur ini, perubahan yang kamu lakukan akan langsung terlihat di panel sebelah kanan.
  • Kamu juga bisa mengedit dengan cara mengklik ikon pensil di elemen yang ingin dimodifikasi.

  • Langkah yang lain hampir sama, namun tentu dengan prosedur yang berbeda.

Cara Membuat Menu di WordPress

Nah, sekarang kita akan belajar cara membuat menu. Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa WordPress terbaru menerapkan sistem yang berbeda dalam pengelolaan menu. Jadi, menu dibuatkan panel khusus sehingga pengguna dengan mudah mengelola item-item di dalamnya. Agak rumit dari cara lama, tetapi lebih leluasa karena dengan cara ini kita bisa mengeksplore berbagai kemungkinan.

  • Untuk membuat menu, klik Tampilan – Menu – buat menu baru.

  • Beri nama sesuka kamu, kemudian klik Buat Menu.

  • Perhatikan di bagian “Pilih menu yang akan diedit”, kamu bisa melihat menu yang baru saja kamu buat tadi. Nantinya semua menu akan diletakkan di sini, kamu tinggal memilih mau mengedit yang mana.
  • Oke, setelah menu jadi. Sekarang saatnya memasukkan halaman apa yang akan mejeng di menu tersebut. Perhatikan penomoran di gambar di bawah ini ya. No 1. Pilih dahulu halaman yang ingin diletakkan di menu, kemudian klik Tambahkan ke Menu. Nomor 3, menu yang saya tandai sudah berada di menu. No 4. Pilih posisi menu, ini akan tergantung tema yang kamu pakai, tidak selalu berjumlah sama dengan screenshot ini. Terakhir, klik Simpan.

  • Posisi atau urutan halaman (nomor 3 di atas) bisa kamu ubah sesuka hari. Caranya dengan mengklik dan menariknya ke posisi yang diinginkan.

Bagaimana, mudah sekali kan? Silahkan dicoba-coba, jangan takut salah. Kalau salah kan tinggal hapus saja. Semoga bermanfaat, sampai jumpai di tutorial berikutnya. Sebagai bocoran, di tutorial selanjutnya kita akan membahas cara mengelola widget. Jangan lewatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *