Panduan Mengelola Widget di WordPress

Sesuai dengan janji saya di artikel sebelumnya, tutorial kali ini akan mengulas bagaimana cara mengelola widget, mengatur layout web, sidebar dan juga footer.Namun sebelum itu saya akan coba sedikit gambarkan apa kegunaan dari widget ini.

Sebagaimana namanya, widget berfungsi sebagai alat tambahan untuk memperkaya sebuah blog. Tidak hanya di WordPress, di banyak platform fungsi semacam ini juga tersedia dengan nama yang hampir sama atau berbeda sama sekali.

Di WordPress sendiri Widget mempunyai panel pengaturan tersendiri, namun dengan fungsi yang terintegrasi dengan tema yang terpasang. Artinya, desain web secara keseluruhan juga bisa diatur dari widget, tapi bisa juga hanya mengatur sidebarnya saja. Jadi, akan tergantung pada tema yang digunakan.

Mengelola Widget

  • Untuk mengelola widget, arahkan kursor ke menu tampilan – widget.

Panduan Mengelola Widget di WordPress

  • Selanjutnya, kamu juga harus memahami layout yang ada di menu widget. Di sini ada dua kolom yang berbeda peruntukan. Kolom pertama (area kotak nomor 1) adalah item-item yang bisa ditambahkan ke dalam blog misalnya arisp, tanggal, audio, kategori dan lain sebagainya. Sedangkan kotak nomor dua adalah posisi peletakan widget untuk item-item yang tersedia di kotak nomor 1. Misalnya, posisinya di main sidebar, footer satu, dua dan tiga, halaman depan dan lain sebagainya. Dukungan posisi ini akan tergantung pada tema yang kamu pakai.

Panduan Mengelola Widget di WordPress

  • Lalu bagaimana cara menggunakan keduanya?
  • Gampang sekali, kamu cukup mengklik lalu ditahan dan tarik item di kotak sebelah kiri ke posisi yang tersedia di sebelah kanan. Saya menyontohkan menarik custom categories ke posisi front-page content section.

Panduan Mengelola Widget di WordPress

  • Setelah berpindah posisi, selanjutnya widget akan menampilkan pengaturan lanjutan seperti mengisi judul dan kategori yang ingin ditampilkan.
  • Nantinya widget ini akan tampil di mana? Tentu akan tampil di posisi yang Anda pilih, jika di sidebar maka ia akan tampil di sidebar, atau jika di frontpage maka ia akan tampil di halaman utama (bukan sidebar).

Panduan Mengelola Widget di WordPress

  • Saya juga menyontohkan peletakan beberapa item ke dalam satu posisi, yaitu sidebar. Jika kamu perhatikan di sini ada lima item widget yang saya sengaja letakkan di sidebar.

Panduan Mengelola Widget di WordPress

  • Hasilnya seperti ini.

Panduan Mengelola Widget di WordPress

Mudah sekali kan? Dan untuk urusan bagaimana bentuk akhirnya, itu sudah diatur oleh pembuat tema. Jadi yang perlu kamu lakukan hanyalah mencoba-coba susunan dan posisi yang tepat untuk item yang kamu pergunakan. Tidak semua perubahan akan menghasilkan susunan yang apik. Di sinilah pentingnya ketekunan dalam belajar dan mencoba sendiri sambil belajar.

Selain melalui menu tampilan, widget ini juga bisa diakses dari berbagai tempat.

Customize

Kamu juga bisa menemukan menu widget di Customize atau Sesuaikan seperti yang sudah pernah kita bahas di tutorial sebelum ini. Baca lagi di sini bagi yang belum mengikutinya.

Menu Toolbar

Selain di menu customize, kamu juga bisa mengakses widget dari toolbar di bagian atas layar ketika mengakses laman situs kamu. Tetapi toolbar ini hanya akan muncul ketika kamu dalam kondisi login ke akun, dan hanya kamu yang bisa melihatnya. Bukan pengunjung publik.

Cukup sekian pembahasan widget, next mungkin kita akan membahas sedikit lagi tentang widget, misalnya soal bagaimana cara menampilkan peta, footer atau banner di sidebar menggunakan panel widget ini. Doakan ada waktu yang pas untuk menuliskannya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga makin betah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *