Tips Memilih Web Hosting Berkualitas dan Terbaik

Web Hosting merupakan salah satu faktor penting yang menentukan apakah website yang kamu buat berhasil atau tidak.  Dengan kata lain, web hosting adalah rumah bagi website yang sudah kamu buat. Apa definisi dari hosting juga sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya.

Maka dari itu, pemilihan web hosting yang akan kamu beli dan pakai harus benar-benar dicermati terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Mungkin sepintas memilih web hosting terdengar mudah, namun jika kamu memilih yang tidak tepat, maka nantinya akan berdampak buruk pada situs kamu. Pengetahuan ini saya rasa sangat penting, sebelum kita memasuki tutorial yang lebih teknis.

Apa sih dampak negatif jika salah memilih web hosting ? Karena merupakan faktor utama yang membangun website kamu, ketika kamu salah memilih web hosting yang tidak tepat, keuntungan bisnis internet kamu akan menjadi menurun, karena web hosting yang tepat akan mendukung Search Engine Optimization (SEO) website kamu.  Selain itu, jika kamu memilih hosting yang tidak berkualitas, website kamu akan mengalami kesulitan untuk dijalankan, karena web hosting juga tempat menyimpan semua data atau isi website kamu, termasuk teks, gambar, video dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara memilih web hosting untuk website milik kamu? Yuk, kita bahas lebih dalam.

Lokasi Server Menentukan Kualitas Server

Ketika akan memilih web hosting, kamu perlu melihat lokasi server web hosting yang akan kamu gunakan.  Salah satu parameter yang bisa kamu pakai untuk menentukan kualitas server adalah dengan lokasi server.  Lokasi server ini nantinya akan berpengaruh pada kecepatan akses pengunjung ke situs website kamu.

Misalnya, kamu ingin agar website kamu buat akan memilih target pengunjung di Indonesia, maka hosting yang kamu harus pilih adalah yang mempunyai lokasi server di Indonesia.  Atau jika target pengunjung kamu adalah global, maka kamu haru memilih hosting yang berada di luar Indonesia seperti US, Singapore dan lain sebagainya.

Spesifikasi Server Juga Menentukan Kualitas Server

Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi server yang tercantum di data center penyedia layanan web hosting yang kamu pilih.  Spesifikasi yang terdiri dari teknologi server, kecepatan prosesor, jenis prosesor, kapasitas RM, hard disk, dan juga network speed yang berpengaruh kepada kecepatan akses dari server tersebut.  Jika kamu merasa kebingunan ketika mencari informasi spesifikasi website layanan web hosting yang kamu pilih, kamu dapat menanyakan ke bagian Customer Support layanan tersebut.

Customer Support yang Selalu Ada 24 Jam

Seperti yang dijelaskan di atas, ketika kamu merasa kurang mendapat informasi yang spesifik mengenai layanan web hosting, kamu dapat langsung menanyakan kepada customer support.  Oleh karena itu, pilihlah layanan penyedia web hosting yang memiliki tim Customer Support berkualitas dan tersedia 24 jam, sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan kamu dengan baik.

Ini juga menjadi salah satu parameter yang menjamin kualitas web hosting yang akan kamu pilih, tentunya jika disambut dengan ramah dan baik menjadi penilaian penting bukan ? Pastikan juga customer support dapat dihubungi dengan fleksibel, entah melalui email, live chat dan panggilan telepon.

Pilihlah Harga Terbaik dan Berkualitas

Sebelum membeli layanan web hosting, pastikan kamu memilih harga yang terjangkau.  Namun, pada beberapa kasus, harga bukanlah menjadi patokan utama dalam membeli web hosting.  Walaupun harga tidak pernah bohong, pastikan kamu selalu membandingkan harga web hosting satu dengan lainnya.

Biasanya, level harga yang lebih tinggi banyak menawarkan jenis paket dan performa yang lebih baik, ada juga yang memiliki harga yang tinggi namun memiliki layanan yang sama di website penyedia layanan lainnya.  Di sisi lain, ada juga penyedia layanan yang menetapkan harga murah, namun kualitasnya tidak selamanya baik.  Tentunya kamu harus teliti dulu ya sebelum membeli, pastikan mendapat harga terbaik dengan layanan yang juga berkualitas.  Jika perlu, cobalah bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman, gak ada salahnya kan ?

Review dan Jumlah Pelanggan

tips memilih web hosting berkualitas_review

Dalam hal ini, kamu perlu untuk melihat jumlah pelanggan yang telah menggunakan layanan tersebut. Dengan jumlah pelanggan yang semakin banyak, tentunya menandakan bahwa layanan hosting tersebut termasuk sukses bukan? Apalagi jika salah satu pelanggannya merupakan klien dari web besar, tentunya kamu semakin percaya dengan kualitas dan performa yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting tersebut.  Tapi, Jangan lupa juga untuk mencari sumber yang bisa kamu dapat di blog hingga forum untuk melihat review dari pelanggan yang pernah menggunakan layanan hosting tersebut.

Uptime Server yang Stabil

Selain spesifikasi dan kualitas server yang perlu kamu ketahui, kamu juga perlu untuk memastikan bahwa website dapat diakses tanpa ada masalah.  Salah satu faktor penting untuk menentukan kualitas sebuah web hosting adalah dengan melihat uptime server yang stabil.  Untuk memastikan uptime sebuah server, kamu dapat menanyakan pada customer support.

Asalkan customer support tersedia selama 24 jam, kamu dapat bertanya terkait jalannya server yang dimonitor oleh customer support.  Carilah perusahaan penyedia layanan yang menawarkan jaminan uptime 99.5 % ke atas ya, untuk beberapa perusahaan ada juga yang memiliki uptime sever hingga 99.99%, namun kamu harus tetap teliti dan berhati-hati saat akan memutuskan untuk membeli layanan tersebut ya.  Kamu gak mau kan ketika pelanggan kamu mengunjungi website kamu dan ternyata website tidak bisa dibuka karena server sedang down?

Memiliki Fitur Tambahan

Ini tips terakhir yang bisa kamu lakukan ketika memilih penyedia layanan web hosting.  Selain fitur utama yang harus berkualitas dan memiliki performa baik, kamu harus mempertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting.

Misalnya, penyedia menawarkan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan untuk membantu kamu mengatasi spam pada website, atau dengan fitur tambahan tersebut, kamu bisa mengamankan server dari serangan malware ataupun hacker.  Tentunya dengan adanya fitur tambahan ini, dapat memberikan kegunaan lebih dan bermanfaat untuk website kamu.  Pastikan untuk bertanya mengenai fitur tambahan yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting melalui customer support yang bisa kamu hubungi 24 jam ya.

Jika kamu sudah memahami penjelasan mengenai tips-tips diatas, maka kamu sudah siap untuk mencari rumah yang berkualitas dan terbaik untuk website kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *