Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

Komentar muncul dari berbagai visitor yang mengunjungi website kamu tentunya menjadi suatu bagian yang penting bagi perkembangan website kamu, terutama di WordPress. Dengan adanya berbagai komentar tersebut tentunya menjadi tolok ukur bahwa visitor website kamu sangat tertarik dengan konten yang kamu posting.

Namun, kamu juga perlu tahu bahwa kamu dapat mengelola komentar yang ada dalam setiap postingan sehingga kamu dapat dengan nyaman berkomunikasi dengan visitor dan masih banyak lagi. Berikut ini hal yang perlu kamu ketahui tentang mengelola komentar di WordPress.

Pingbacks WordPress

Biasanya ketika ada pengunjung yang menyalin sebagian atau mengutip isi konten kamu, kemudian memberikan tautan di dalam blognya, maka WordPress secara otomatis mengirimkan sinyal ke penulis konten. Nah, sinyal ini yang disebut dengan pingbacks, dengan cara ini kamu dapat mengetahui siapa yang terhubung ke kamu.

Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

Biasanya pingbacks ini akan menampilkan teks link yang masuk ke website denan bentuk kurung persegi di notifikasi WordPress kamu.

Pengelolaan Komentar

Untuk melakukan pengelolaan komentar di WordPress, kamu hanya perlu memahami pengertian dari konfigurasi yang diberikan oleh WordPress. Secara default, penggunaan bahasa dalam WordPress adalah menggunakan bahasa Inggris, jika kamu kesulitan untuk memahaminya, kamu bisa menggunakan settingan bahasa Indonesia agar mudah dipahami. Untuk memulai pengelolaan komentar dapat kamu lakukan di menu Setting, kemudian pilih menu Discussion di dashboard WordPress kamu.

Selanjutnya akan muncul konfigurasi komentar WordPress yang disediakan. Konfigurasi komentar terdiri dari 4 pilihan utama yang dapat kamu ubah sesuai dengan kebutuhan.

  • Default Article Settings (Pengaturan tulisan standar). Secara default, WordPress mengelola siapa saja dapat memberikan komentar pada postingan kamu. Dan dari pengaturan di sini, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pingbacks dari visitor, mendapat notifikasi dari pengutipan konten website kamu dan mengaktikan atau menonaktifkan komentar pada setiap postingan yang kamu pilih.

Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

  • Other Comment Settings (Pengaturan komentar lainnya). Pada pengaturan ini, kamu dapat memodifikasi setiap komentar yang masuk ke website kamu. Bahkan kamu bisa membatasi jumlah komentar yang masuk pada setiap postingan kamu.
  • Email Me Whenever (Kirimkan email pada saya setiap kali). Pengaturan ini akan memberikan kamu pilihan untuk mendapatkan pemberitahuan via email jika ada visitor yang memberi komentar terhadap postingan kamu.

Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

  • Before a comment appears (Sebelum sebuah komentar muncul). Pada pengaturan ini, kamu bebas menentukan mana komentar yang akan kamu moderatori dahulu sebelum tampil secara otomatis di website kamu. Kamu bisa menyetujui komentar untuk ditampilkan, membalas komentar, menghapus komentar, memasukkan komentar ke folder spam dan mengedit komentar sebelum ditampilkan.

Mencegah Komentar Spam

Sering adanya visitor yang mengunjungi website kamu adalah bot yang meninggalkan komentar pada konten kamu. Namun komentar tersebut malah berupa link palsu yang menghubungkan ke website mereka atau malah link virus. Nah, bagi kamu yang merasa was-was dengan komentar spam tersebut, kamu bisa mencegahnya dengan layanan eksternal untuk mencegah komentar spam yaitu Akismet.

Akismet ini akan memeriksa setiap pengunjung website yang meninggalkan komentar. Jika terbukti bahwa visitor tersebut adalah bot maka Akismet akan secara otomatis memasukkan komentar tersebut ke dalam folder Spam. Untuk mendapatkan fitur Akismet ini, kamu hanya perlu pergi ke situs web Akismet untuk mendapatkan key plugin ini.

Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

Setelah mendapat key dari plugin Akismet, kamu harus menginstal dan mengaktifkan plugin Akismet di panel WordPress kamu. Setelah menginstall dan mengaktifkannya, tekan tombol Use Key pada plugin Akismet dan secara otomatis akan bekerja pada WordPress kamu setelah muncul konfirmasi tentang status server Akismet.

Selain Akismet, banyak juga plugin yang direkomendasikan untuk mencegah adanya komentar spam yang muncul di kolom komentar website kamu. Salah satunya yaitu Google reCaptcha yang tersedia di directori plugin resmi WordPress. Kamu tinggal mengunjungi settingan plugin dan mencari Goolge reCaptcha atau plugin Captcha pada kolom pencarian. Setelah itu install dan aktifkan plugin tersebut.

Menambahkan Komentar Di WordPress

Dengan adanya kolom komentar pada website kamu tentunya berguna sebagai komunikasi antara visitor dengan penulis tentang topik yang dibahas pada konten. Untuk menambahkan komentar pada postingan, kamu hanya perlu mengisi kolom komentar yang disediakan secara default oleh WordPress di bagian bawah postingan.

Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

Kolom komentar biasanya berisi komentar, nama kamu dan alamat email kamu. Setelah itu tinggal klik Add Comment. Namun, banyak pemiliki website di WordPress melakukan pengelolaan komentar dengan memberikan captcha pada kolom komentar untuk mencegah komentar spam.

Cara kedua, kamu bisa menjawab komentar dari panel dashboard. Caranya:

  • Klik menu komentar

Tutorial Lengkap Mengelola Komentar di WordPress untuk Pemula

  • pilih komentar yang ingin dijawab, arahkan kursor sampai muncul tulisan baru berbunyi reply atau balas.

Itulah kiranya beberapa cara yang perlu diketahui tentang pengelolaan komentar di website WordPress kamu. Selain untuk mendapat feedback yang baik dari visitor, kamu juga bisa menghindari berbagai komentar spam di WordPress. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *