Antara WordPress dan Blogger.com, Bagusan Mana?

Ketika kamu berencana untuk membuat blog, pasti kamu pernah mendengar 2 platform raksasa yang cukup populer di kalangan para blogger, yaitu WordPress dan Blogger.com (atau Blogspot).  Tak sedikit pula para blogger yang kerap memperbincangkan tentang persaingan 2 platform raksasa ini, dalam hal apapun yang masih terkait tentang blog ya.

Tentunya kamu merasa bingung ketika memilih diantara 2 platform ini, mana yang akan kamu gunakan sebagai tempat untuk membuat situs blog kamu sendiri.  Dengan penawaran berbagai desain dan fitur yang berbeda, tentunya kedua platform ini menjadi pilihan utama dari para blogger.  Untuk itu, alangkah pentingnya untuk memilih platform blogging yang tepat bagi kamu blogger pemula.

Sebelum melakukan perbandingan antara WordPress dan Blogger/Blogspot, kamu harus tahu dulu tentang apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan WordPress dan Blogger/Blogspot itu ? Yuk disimak penjelasan singkatnya berikut ini.

WordPress

WordPress dibuat setahun sebelum Google membeli Blogger/Blogspot.  WordPress dibuat untuk memberi platform blogging yang lebih kompleks.  Platform blogging ini memang bertujuan target kepada penguna pemula karena settingannya yang cukup simple.  Namun, platform ini juga bisa dipakai untuk pengguna yang sudah berpengalaman, dengan menawarkan interface yang mudah digunakan dan fitur sederhana untuk pengguna tingkat lanjut. Kamu bisa membaca sejarah WordPress dan penjelasan lebih lengkap di artikel ini.

Blogger/Blogspot

Platform satu ini sekarang adalah milik Google.  Dengan menawarkan banyak fitur bawaan dari Google, situs ini menjadi sangat berguna bagi blogger pemula.  Selain itu, fitur seperti Adwords, Adsense dan Analytic dapat menjadi fitur yang cukup mudah digunakan bagi pengguna baru dan juga memiliki interface yang juga mudah digunakan.

Setelah membaca penjelasan singkat mengenai WordPress dan Blogger/Blogspot, kamu dapat melihat jika memang kedua platform ini sama-sama berguna bagi pengguna pemula.  Namun, untuk lebih spesifik lagi, langsung aja lihat perbandingan dari kedua platform ini.

Kepemilikan

WordPress.  Jika kamu menggunakan platform WordPress untuk website kamu, yang kamu butuhkan yaitu membeli layanan web hosting untuk menyimpan data maupun isi dari website kamu.  Kamu bebas untuk menentukan berapa lawa website kamu akan diaktifkan, tergantung dari server hosting yang kamu pilih.  Intinya, dengan menggunakan WordPress, kamu menjadi pemilik utama data website milikmu dan memiliki kontrol penuh untuk mengelola website kamu.

Blogger/Blogspot.  Sedangkan pada Blogger, karena platform ini adalah milik Google, maka kamu harus terlebih dahulu membuat akun di Google (Gmail).  Jika kamu menggunakan platform ini, kamu tidak perlu menggunakan web hosting.  Namun, kamu tidak memiliki kontrol penuh terhadap data website kamu.  Jika sewaktu-waktu kamu melanggar persyaratan yang dibuat Google, mereka tidak akan segan untuk menghapus website kamu.

Tampilan

WordPress.  Ketika memasuki halaman utama wordpress, kamu akan disajikan dengan ribuan template gratis dan menarik.  Dengan adanya template-template menarik ini, tentunya blogging kamu akan lebih terlihat professional bukan.  Selain itu, kamu juga bisa memilih template yang sesuai dengan tema website yang akan kamu buat.

Blogger/Blogspot.  Berbeda dengan tampilan pada WordPress, Blogger memiliki tampilan default yang cukup terbatas.  Kamu hanya bisa mengubah warna dengan menggunakan tools yang tersedia, namun tidak untuk semua template kamu bisa ganti warnanya ya.  Tapi jika kamu ingin tampilan yang lebih menarik di Blogger, kamu bisa membayar dari pihak ketiga yang menyediakan template-template yang banyak tersedia.

Fitur

WordPress.  Kalau kamu ingin fitur-fitur yang menarik untuk website kamu, WordPress bisa menjadi platform yang kamu cari.  Dengan adanya fitur tambahan yang cukup banyak, tentunya dapat membuat tema website kamu menjadi lebih menarik untuk dilihat.  Belum lagi dengan adanya plugin yang disediakan, kamu dapat memilih plugin mana yang ingin kamu pakai sesuai dengan keinginanmu.  Tidak perlu menguasai pemrograman, kamu hanya tinggal mencari plugin, menginstallnya, mengaktifkan dan mengatur plugin tersebut di halaman website kamu.  Jika kamu sudah tidak menginginkan plugin tersebut, tinggal dihapus saja, cukup simple bukan.

Blogger/Blogspot.  Salah satu kelemahan dalam menggunakan Blogger sebagai platform situ kamu adalah kurangnya fitur tambahan.  Namun, Blogger mempunyai  tools Gadget yang menyediakan sejumlah fitur tambahan yang dapat kamu gunakan untuk mempercantik halaman website kamu.  Jika kamu memiliki pengalaman dalam bidang pemrograman, kamu dapat mengubah desain blog kamu menggunakan HTML atau CSS di blog kamu.  Kamu juga bisa menambahkan kode HTML dari situs pihak ketiga.

Tingkat Keamanan

WordPress.  Dikenal memiliki script yang selalu diperbaharui secara berkala, WordPress terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik.  Namun, karena memerlukan layanan web hosting, kamu harus pintar-pintar memilih web hosting yang berkualitas, sehingga performa website kamu meningkat.  Jangan sampai salah dalam memilih web hosting yang abal-abal ya, bisa jadi data website kamu malah berantakan.  Untuk itu, kamu perlu membackup sendiri semua data website kamu.

Blogger/Blogspot. Jika menggunakan platform Blogger, sudah dipastikan website kamu cukup aman karena dikelola oleh Google, asalkan kamu menggunakan template default.  Kamu tidak perlu repot untuk mengelola server atau mengamankan blog kamu dari berbagai malware maupun hack.  Namun, website kamu sewaktu-waktu dapat dihapus oleh pihak Blogger jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku ya.

Monetisasi

WordPress.  Platform ini tidak menerima layanan iklan dari pihak ketiga.  Memang WordPress memiliki layanan iklan sendiri, yaitu WordAds, namun syaratnya tergolong cukup susah untuk menggunakannya karena kamu harus mengupgrade akun WordPress kamu terlebih dahulu.  Dan jika kamu memilih platform WordPres.org, kamu tetap bisa memasang iklan sesuka hati, baik dari Adsense atau iklan mandiri.

Blogger/Blogspot.  Untuk urusan iklan, bisa dikatan Blogger lebih unggul dibandingkan WordPress.  Hal ini dikarenakan Blogger pasti menerima layanan iklan, seperti AdSense.  Selain itu, Blogger juga sudah otomatis tergabung dengan Adsense, mengingat bahwa keduanya sama-sama dimiliki oleh Google.

Potensi Perkembangan Website

WordPress.  Pikirkan lagi apa tujuanmu untuk membuat website atau blog.  Jika kamu bertujuan untuk membuat toko online, kamu bisa menggunakan platform WordPress untuk tujuanmu itu, karena WordPress memiliki plugin yang benar-benar bisa membantu kamu.  Dengan kata lain, WordPress tidak membatasi aspirasi online kamu dalam berkembang.

Blogger/Blogspot.  Platform blogging milik Google ini memang terlihat lebih mudah dalam mempublikasikan konten yang kamu buat di website.  Namun, untuk potensi berkembangnya website kamu, Blogger tidak seperti WordPress karena kembali lagi, bahwa kamu tidak memiliki kontrol penuh pada websitemu.  Dengan kata lain, masa depan Blogger tergantung pada Google, mereka bebas menutup website kamu kapan pun mereka inginkan.

Setelah kamu melihat perbandingan 2 platform raksasa yang populer diatas, dapat dilihat bahwa WordPress dan Blogger memiliki kelebihan dan juga kekurangan.  Semuanya tergantung dari kamu ingin memulai blogging untuk apa.  Jangan lupa ya, pemilihan platform yang tepat juga menentukan masa depan dari website kamu. Selamat memilih!

Video penjelasan dalam bahasa Indonesia ini akan membantu kamu memami perbedaan antara keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *